MUHAMMAD THORIQ AFRIS SURYONO (21/480439/SV/19641)

Latihan 1

Pertanyaan

Mengapa pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan? Anda bisa menjelaskan dengan memberikan ilustrasi satu contoh sistem informasi nyata yang digunakan oleh suatu institusi.

Jawaban

  1. Pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan karena sistem informasi memiliki peran yang krusial dalam membantu mengelola, mengawasi, dan memantau berbagai aspek yang terkait dengan pembangunan di tingkat lokal Selain itu, manfaatnya berupa memudahkan dalam proses pengumpulan data dan informasi, perencanaan pembangunan yang efektif, alasan anggaran yang bijaksana, pemantauan proyek, transparansi dan akuntabilitas. Berikut contoh nya:

  2. a. SIMDA

    Contoh konkret dari sistem informasi yang digunakan oleh pemerintah daerah adalah Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA). SIMDA adalah sistem yang digunakan untuk mengelola anggaran, pengeluaran, pendapatan, serta kegiatan pembangunan di tingkat daerah. Dengan SIMDA, pemerintah daerah dapat mengelola informasi keuangan dan operasional dengan lebih efisien, serta menghasilkan laporan-laporan yang dibutuhkan untuk evaluasi dan perencanaan ke depan. Seperti Pansela Jawa (Jateng, DIY, Jatim), Planjan - Baron –Tepus (DIY), Siding/Seluas – Sekayang/Entikong (Kalbar), Long Pahangai – Long Boh & Long Bagun - Tering (Kaltim), Rasau - Jasa - Bts.

  3. Karakter saya menurut kategori Myers–Briggs Type Indicator (MBTI) adalah INFP-T. INFP-T sendiri merupakan kepribadian yang lebih suka menyendiri tetapi memiliki ide besar yang dan cenderung berinteraksi dengan dunia dan mengekspresikan diri.